Rabu, 24 Maret 2021

PDPM Palembang adakan Workshop di Masa Pandemi 2021, Energi Baru dan Terbarukan.

PALEMBANG-  Pada hari Rabu tanggal 24 Maret 2021 M atau 10 Sya”ban 1442H, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Palembang periode 2018-2022 menyelenggarakan kegiatan Workshop dimasa pandemi covid-19 dengan judul  "Energy Baru dan Terbarukan", bertempat di Aula Gedung DPD RI Perwakilan dari Provinsi Sumatera Selatan Jakabaring-Palembang, pada workshop ini diselenggarakan secara luring dalam peserta maksimal 100 orang. Acara workShop kali ini mengusung tema “Membangun Persefektif, Pemuda Sadar Energi Baru dan Terbarukan”. 



WorkShop diikuti oleh peserta dari internal pemuda maupun dari external Pemuda Muhammadiyah. workshop energy baru dan tervarukan tahun ini mengundang tiga pembicara yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Pembicara pertama yaitu Dr. Aryansyah, MT sebagai Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan. Pembicara kedua yaitu Ir.Erna Yuliwati, MT.,P.hD yang merupakan dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang dan Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Palembang. Selanjutnya pembicara ketiga yaitu Ruspanda Karibullah, ST yang Alumni dari IMM UMP, Alumni PDPM / PWPM Provinsi Sumatera Selatan dan juga saat ini beliau tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palembang Periode 2019 – 2023 serta sebagai Sekretaris Umum DPD Partai Amanat Nasional untuk Kota Palembang.

Kegiatan seminar dimulai pukul 10.30 WIB diawali dengan pembukaan, lalu dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Ketua Pelaksana workshop yaitu Yadi Febri, kemudian sambutan oleh Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang Periode 2018-2022 yaitu Heriyanto, S,Pd.,M.Si dan dipungkas oleh sambutan ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang sekaligus membuka acara workshop oleh H. Basyarudin, SE.Ak. dan Drs. Sukarno YS, MM, kmeudian dilanjutkan keynote speaker oleh Kombes Pol Ratno Kuncoro, S.Ik.,M.Si Direktur Direktorat Intelkam POLDA Provinsi Sumatera Selatan.

Acara workshop dilanjutkan dengan penyampaian materi dari ke-tiga narasumber. Yang pertama Dr. Aryansyah MT memberikan rekomendasi kepada panitia / PD Muhammadiyah Palembang untuk segera mungkin ambil bagian dlam pengembangan EBT di Sumsel dgan mengajukan proposal dll untuk bekerjasama. Kedua Ibu Ir. Erna Yuliwati, MT.,PhD menawarkan kemitraan dengan PD Muhammadiyah Palembang untuk penelitian dalam pengembangan EBT, ada Program internal Muhammadiyah dalam bidang teknologi & lingkungan. Dan ketiga kanda Ruspanda Karibullah ST selaku Anggota DPRD Palembang mengajak pemuda Muhammadiyah Palembang untuk mengawal serta ikut langsung dalam pemanfaatan EBT. dan jgan sampai stop atau cukup sampai dsini. Harus berlanjut. Dari paparan materi ke -3 narasumber dapat disimpulkan bahwa workshop Energi Baru dan Terbarukan ini melahirkan kesadaran bagi kita untuk bersiap transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan. Karena cadangan Energi tidak terbarukan kian menipis dan akan habis. Selepas penyampaian materi oleh semua pembicara, kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata untuk kenangan dari PDPM ke-semua narasumber, dan juga foto bersama. Harapan dari kegiatan workshop ini dapat menumbuhkan semangat peduli lingkungan dalam mendukung pengembangan energi terbarukan, serta dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang berpartisipasi. Dan juga melalui workshop ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang energy yang berada disekitar kita yang sangat banyak dan belum termanfaatkan secara maksimal serta dengan tindak lanjut adalah mendukung sepenuhnya percepatan pengembangan energy baru dan terbarukan, itulah langkah kongkrit dari PDPM Kota Palembang Khususnya atau kolaborasi Pemuda umumnya. (PDPM PALEMBANG)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar