Sabtu, 18 September 2021

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang Gelar Pelatihan Kepemimpinan Ortom Tingkat Daerah untuk Angkatan Muda Muhammadiyah

 PALEMBANG - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palembang menggelar kegiatan pelatihan kepemimpinan bagi sejumlah Organisasi Otonom (ORTOM) yang tergabung dalam organisasi otonom Angkatan Muda Muhammadiyah yang sebagai pelaksana di percayakan kepanitiaan kegiatan tersebut kepada Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang dengan nama Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Otonom Tingkat Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang dengan tema “Semangat Angkatan Muda untuk Memajukan Muhammadiyah dan Negeri” di era masa pandemi. Acara digelar di Aula Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang, pada hari Sabtu, tanggal 11 Shafar 1443H/ 18 September 2021M.



Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh pengurus Ortom-ortom Tingkat Daerah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang yaitu Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyi’ah, Hizbul Wathan, Tapak Suci, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Koprs Mubalirq Muhamamdiyah serta pada Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Otonom Tingkat Daerah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang diisi oleh narasumber beberapa di antaranya sebagai pemateri dari unsur pleno Pimpinan Daerah Muhammadiyah, H. Mustofa, S.Ag.,M.Pd.I selaku ketua PDM. Kota Palembang, Tarmizi Andrianto, S.Sos.,M.Si, Sekretaris PDM, Dr. H. Muhammad Mawangir sebagai Wakil Ketua Bidang Kader, Drs.H.Sukarno YS.MM, H. Muhammad Yamin, SE Selaku Bendahara PDM Kota Palembang, sedangkan pembicara dari lainnya Dr. H Suroso PR selaku Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Sumatera Selatan yang memberikan materi ‘Peran Kader (Ortom) Muhammadiyah.

Ketua pelaksana yang juga Ketua Pemuda Muhammadiyah Daerah Kota Palembang, Heriyanto, S.Pd.,M.Si mengatakan memandang pelatihan kepemimpinan bagi angkatan muda sangat penting untuk melatih diri dalam rangka mewujudkan individu pemuda yang kreatif, aktif, dinamis serta responsif. “Kami mengharapkan melalui kegiatan pelatihan ini, bisa memberikan pengetahuan tentang konsep kepemimpinan dalam islam bagi Angkatan Muda Muhammadiyah, sehingga akan ada keseimbangan hidup antara ke shalehan individual dan ke shalehan sosial,” lanjutnya. Ia juga menambahkan kegiatan yang diselenggarakan agar sumber daya manusia organisasi otonom tingkat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang lebih menguasai kompetensi kepemimpinan strategis.



Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang selaku dipercayakan atau diamanahkan sebagai ketua pelaksana kegiatan juga mengatakan salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membekali para kader ortom dengan kompetensi kepemimpinan strategis, pemimpin yang mampu memberi arah dan inspirasi yang diperlukan dalam melaksanakan visi, misi organisasi dan strategi untuk mencapai tujuan Muhammadiyah dan juga agar para kader ortom tingkat daerah, khususnya ortom dilingkungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang mampu mengantisipasi perubahan era sekarang ini terutama di era pandemic, serta juga diharapkan kader yang mampu bersaing dan membangun kompetensi, mengevaluasi implementasi dan membuat penyesuaian secara berkelanjutan di era yang akan datang.

Penutupan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Organisasi Otonom Tingkat Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang tersebut oleh Wakil Ketua Bidang Kader Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang dengan menyampaikan harapan untuk Angkatan Muda Muhammadiyah sebagai estafet penerus atau kader pemimpin dimasa yang akan datang yang mempunyai pemahaman keislaman dan Kemuhammadiyahan yang lebih baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar