Sabtu, 30 Oktober 2021

Berjalan Lancar dan Khidmat, Pembukaan Perkaderan Baitul Arqom Dasar Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang

PALEMBANG –  Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Palembang melaksanakan kegiatan Baitul Arqom Dasar (Pengkaderan) Se-Kota Palembang yang bertempat di Majestik Hotel Jl. POM IX Kota Palembang. Kegiatan ini mengusung tema “Mengukuhkan  Eksistensi  Gerakan Kader Ditingkat Cabang dan Ranting DI ERA PANDEMI”. Pengkaderan dengan konsep Baitul Arqam Dasar yang menjadi program wajib kader Muhammadiyah dan dilaksanakan selama dua hari sejak hari Sabtu, (30/10/21) hingga penutupan pada hari Ahad (31/10/2021).


Dalam kegiatan dihadiri oleh Ayahanda Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang Dr. H. Muhammad Mawangir, Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Palembang Bunda Atika dan Bunda Nurmalaila, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Provinsi Sumatera Selatan yakni Bung Tama (Hasan Pratama, SE), dan juga dihadiri oleh Perwakilan dari Wakil Walikota Palembang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Tata Kelola Kota Palembang Bapak Asnawa, S.Sos dan Kepala Dinas Kesra Kota Palembang Syarifuddin, S..Pd.I, M.Ag, serta dihadiri oleh Ortom - ortom Tingkat Daerah Muhammadiyah, kepala SMA/SMK/MA Muhammadiyah / Aisyiyah Se-Kota Palembang dan PCM se-Kota Palembang. 

Dalam sambutan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palembang yang di sampaikan Muhammad Mawangir, bahwa Pemuda Muhammadiyah sebagai Permunculan Kaderisasi yang akan menggantikan posisi ayahanda yang ada ditingkatkan masing-masing. Dengan catatan harus memiliki 4 komulatif sebutan kata, muda, energik, bener-bener, dan PAS yang ke semuanya memiliki arti masing-masing untuk memajukan Persyarikatan yakni Muhammadiyah yang Berkemajuan.

Ketua terpilih Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Palembang periode 2018-2021, Kakanda Heriyanto, S.Pd.,M.Si mengatakan, kegiatan Baitul Arqam Dasar ini melibatkan unsur Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) dan Ketua Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah (PCPM & PRPM) Se-Kota Palembang. Selain itu, dengan tema penguatan ideologi, maka kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pencerahan bagi para seluruh peserta yang mana kegiatan dilakukan selama dua (2) hari satu malam dengan pemateri atau narasumber yang berasal dari luar dan dari dalam Persyarikatan Muhammadiyah. Sekaligus sebagai usaha untuk mencetak kader yang memiliki pemahaman terhadap Persyarikatan. “Saya berharap kepada kader Pemuda Muhammadiyah Kota Palembang mari kita mengedepankan kebersamaan dan soliditas serta mulai ciptakan ruang bersama untuk tumbuhnya para kader dan medium bersama menanam dan menyemai berbagai gagasan yang berkemajuan,” Kata Kakanda Heriyanto, S.Pd.,M.Si, Sabtu (30/10). 


Pada kegiatan Baitul Arqom Dasar ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari Unsur PDPM sebanyak 10 orang ditambah dengan 10 cabang yang tiap-tiap cabang mengirimkan 3 - 4 orang. Ia mengatakan sebagai Pemuda Muhammadiyah berkewajiban untuk tetap berusaha memberikan sumbangsih dan peranan kepada daerah, bangsa dan negara secara maksimal dengan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang berkemajuan. Dalam Persyarikatan Muhammadiyah sendiri, pelatihan Pengkaderan dan Kepemimpinan ini memang seringkali dilakukan secara berkala. Menurutnya, sebagai sebuah organisasi dakwah sepanjang sejarahnya Muhammadiyah telah banyak berkontribusi kepada bangsa Indonesia. “Kader-kader yang memiliki pemahaman ideologi yang kuat dan tangguh tentu menjadi harapan sehingga sesuai tujuan Persyarikatan. Untuk itulah, PDPM akan terus mendorong anggotanya untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan sehingga tercipta kader-kader yang memiliki integritas dan berkualitas,” terakhir ia menyampaikan harapan untuk semua peserta Baitul Arqom Dasar PDPM Kota Palembang ini, agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya untuk kelangsungan Angkatan Muda Muhammadiyah kedepan, tuturnya. Sambutan Bapak Asnawi, S.Sos yang mewakili Wakil Walikota Palembang menyampaikan bahwa diharapkan Pemuda Muhammadiyah ini ikut andil dalam pengelolaan program-program kerja agar bersinergi dengan pemerintahan kota Palembang, sehingga nantinya akan terwujud cita-cita pemerintah Kota Palembang yaitu Palembang Emas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar