Sabtu, 20 Juli 2024

LSBO PWM.Provinsi Sumsel Sukseskan RakorNas Tarian Langit Kota Batu

 Pemuda Muhammadiyah Sukseskan Tarian Langit Batu.

Lembaga Seni dan Budaya Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional dan Kemah Kreativitas Nasional Seniman dan Budayawan Muhammadiyah dari Jumat hingga Ahad (19-21/7/2024) di Apple Sun, Kota Batu.

Acara ini diikuti oleh LSBO PWM.Provinsi Sumatera Selatan dan dikuti dari seluruh wilayah Indonesia dan LSBO daerah se-Jawa Tumur, dan Ortom tingkat Pusat.


Utusan lembaga seni budaya dan olahraga PWM.Sumatera Selatan yang hadir Firman Ardiansyah selaku ketua LSBO dan Heriyanto merupakan sekretaris LSBO PWM.Sumsel beliau juga selaku tokoh muda Muhammadiyah Atau Pemuda Muhammadiyah kota Palembang.

Dalam sesi Sarasehan Seni Budaya, materi pertama disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr Irwan Akib yang membahas tentang “Ikhtiar Dakwah Kreatif Muhammadiyah untuk Semesta“.


Prof Dr Irwan Akib menekankan pentingnya dakwah melalui seni dan budaya, terutama dalam komunitas seniman. Menurutnya, seni dan budaya memiliki potensi besar untuk menyampaikan pesan dakwah dengan metode yang kreatif dan mudah diterima.

Beliau menyarankan agar LSB bekerja sama dengan majelis terkait untuk menyusun panduan yang jelas mengenai batasan-batasan dalam seni dan budaya Islami.

Dalam acara tersebut, Prof Irwan juga mengajak semua pihak untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dalam mengembangkan pendidikan seni di sekolah-sekolah, serta memperkuat kehadiran seni budaya dalam persyarikatan Muhammadiyah.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan juga Kegiatan menggelegar yaitu Tarian Langit PDM.Kota Batu, dimana acara tersebut adalah peresmian dan pembukaan galeri Seni dan budaya, yang disebut  warga kota Batu, musium lukisan seni hasil karya seniman lokal maupun nasional.


Acara ini diharapkan dapat membangun semangat dan empati melalui seni, serta menghidupkan kembali program-program seni yang pernah ada, seperti sastra masuk sekolah dan kegiatan drumband, sebagai bagian dari dakwah Muhammadiyah.

Harapan dari kegiatan yang di ikuti ini adalah semoga di Sumatera Selatan, dakwah akan diterima sampai akar rumput dengan artian sampai rantingnya, melalui dakwah kreativ yang menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungannya.

1 komentar: